Mengapa dibutuhkan ide yang kreatif dan brilliant dalam membangun ekonomi kreatif ? Itu semua karena ide merupakan barang mahal dalam ekonomi kreatif, karena ide-ide yang kreatif inilah yang akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi yang kemudian menjadi solusi baru dan produk baru, dimana ini merupakan jawaban selama ini atas masalah minimnya kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Lebih Maju Dengan Ekonomi Kreatif

Dengan adanya ekonomi kreatif, produk-produk hasil industri konvensional akan tergeser dan memberikan solusi baru yang lebih tepat untuk kebutuhan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut adalah manfaat-manfaat ekonomi kreatif yang kuat kaitannya dalam memberikan perubahan besar dan solusi paling aktual, antara lain :

Kemajuan Perusahaan Startup 

Kita hidup di era digital, dimana perkembangan teknologi mempengaruhi tren dan gaya hidup kebanyakan orang saat ini. Hadirnya teknologi memberikan kemudahan akses dalam memperoleh informasi lebih cepat, sehingga membuat orang semakin cepat mengetahui perkembangan dunia, kemajuan teknologi lainnya, dan melihat masalah-masalah yang ada di dunia bahkan dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Jelaslah, ini membawa perubahan baru dalam perkembangan dunia ekonomi kreatif.

Inovasi Semakin Maju

Kalau kita lihat kembali 10-20 tahun kebelakang dimana internet dan kecanggihan teknologi belum seperti sekarang, industri bisnis mengalami kemajuan pesat. Lagi-lagi, itu semua karena internet. Internet memicu lahirnya teknologi dan inovasi yang lebih cepat dan lebih beragam. Sekarang kita bisa menikmati layanan seperti transportasi online,  aplikasi pemesanan hotel, dan e-commerce yang mencapai ribuan. Siapa yang bisa melihat inovasi sebesar ini jika tanpa adanya teknologi ditengah-tengah kehidupan manusia. Apalagi sekarang teknologi menjadi barang murah setiap prang memiliki kemampuan yang sama di tangan mereka.

Persaingan Bisnis yang Lebih Sehat

Ketika teknologi dijadikan media oleh pasar untuk menjangkau masyarakat, maka ini merupakan kesempatan bagi para pebisnis untuk menawarkan produk atau jasa mereka kepada masyarakat dengan metode yang ampuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat menjadi teredukasi dan menjadi cerdas dalam memilih produk dan akan muncul peluang melahirkan bisnis-bisnis baru yang lebih masuk akal.

Para pebisnis akan bersaing untuk menjadi market leader dengan menawarkan keunggulan produk atau jasa mereka kepada masyarakat.

Mereka harus bisa memahami kebutuhan masyarakat dan menganalisis segala kemungkinan yang terjadi dalam menjual produk atau jasa mereka. Nah, inilah bisnis yang lebih kompetitif dan masuk akal.

Menjadi Manusia yang Kreatif

Ekonomi kreatif merupakan hasil kerja dari seseorang yang kreatif, mereka akan semakin berkembang dalam menyajikan produk atau jasa yang mereka tawarkan ditambah dengan fasilitas seperti teknologi yang ada seperti sekarang.

Jadi, tanpa adanya pemikiran kreatif, maka ekonomi kreatif pun tidak akan berjalan.

Menaikkan Kekuatan Suatu Brand

Kemudahan akses untuk menjangkau masyarakat apalagi dengan adanya teknologi seperti sekarang ini pastinya akan dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk menghasilkan produk dalam jumlah yang besar.Semakin banyak persaingan maka semakin banyak juga inovasi yang dilakukan di dalam produk untuk menghasilkan kualitas yang prima. Dan hasilnya, sebuah brand tadi akan memiliki kekuatan untuk bersaing dengan kompetitor.

Ini merupakan sebuah keuntungan karena inovasi tersebut menghasilkan produk yang berkualitas sehingga membuat masyarakat sebagai objek turut merasakan perubahan yang baik dari ekonomi kreatif.

Jika hal ini dilakukan secara bertahap dan terus menerus, maka ekonomi kreatif akan menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

Penulis : Yehezkiel Setianto Putra
Gambar : Pexels.com