Seperti yang kita ketahui, Go-Jek dan Bukalapak berhasil menjadi startup unicorn di Indonesia. Apa yang menyebabkan mereka dapat berhasil sampai tahap seperti itu ?

Ya, mereka berhasil karena mereka fokus meskipun pada hal-hal kecil.

Perusahaan rintisan atau startup seperti Go-Jek dan Bukalapak bisa berhasil karena sangat fokus pada hal-hal yang sepele yang sering kali hal kecil tersebut tak diperhatikan oleh para pengusaha konvensional.

Sebagai contoh, gojek dan bukalapak menyediakan jasa yang ‘kelihatannya’ memiliki peranan kecil di masyarakat, yaitu ojek dan penjual tradisional. Namun, mereka pandai melihat peluang dan menjadikan peluang itu sebagai suatu cara untuk mencapai keberhasilan mereka.

Ini berbanding terbalik dengan pemikiran para pengusaha konvensional yang menganggap sepele hal-hal yang kelihatannya memberi pengaruh kecil.

Apa Hasilnya ?

Kita dapat melihat bahwa Go-Jek saat ini diperkirakan valuasinya sudah mencapai US$ 9,5 miliar atau hampir menyandang predikat decacorn atau startup dengan valuasi melewati US$ 10 miliar.

Selain itu, Go-Jek juga sudah memiliki anak usaha yang bergerak di bidang pembayaran digital. Meskipun kelihatannya sepele, ini membuktikan bahwa hal-hal kecil seperti itu sangat mereka perhatikan dan hasilnya juga bukannlah angka yang kecil.

Ini juga membuktikan bahwa mendapatkan ide bisnis itu tidak sesulit yang dikira. Kita hanya perlu lebih jeli mengamati lingkungan dan kejadian-kejadian yang ada disekitar kita.

Asalkan kita semua memiliki tekad dan kemampuan, maka kita bisa berhasil dalam mengembangkan bisnis kita.