Inilah Peranan Teknologi Dalam Membangun “Cashless Society”

Inilah Peranan Teknologi Dalam Membangun “Cashless Society”

Cashless Society atau yang lebih dikenal dengan transaksi tanpa uang tunai, tetapi lebih ke dalam bentuk kartu, baik berupa kartu kredit, kartu debit, maupun cash card.

Tren ini sudah berlangsung cukup lama dan menghasilkan kesan yang positif di masyarakat.

Dikarenakan transaksi menjadi lebih mudah dan lebih efisien, diharapkan dapat membuat masyarakat merasa puas dengan transaksi tanpa uang tunai.

Perlu diketahui bahwa ada peranan teknologi yang cukup besar dalam membangun cashless society. Dan pastinya dengan adanya cashless society tentu akan membawa dampak maupun manfaat kepada masyarakat.

Mari kita bahas manfaat dari Cashless Society dalam 3 sudut pandang yang berbeda.

  1. Manfaatnya bagi penjual produk atau jasa ( Merchant ) : Biasanya, dalam suatu usaha konvensional, dimana transaksi yang masih menggunakan cash, akan menimbulkan peluang-peluang bagi para pegawai yang ingin melakukan kecurangan kepada business owner. Tapi, jika menggunakan cashless, transaksi akan langsung masuk ke rekening business owner.
  2. Manfaat dari segi Seamless Operation ( Perputaran Uang ) : Perputaran uang jika menggunakan cashless akan menjadi lebih cepat. Transaksi yang dilakukan dalam suatu hari akan langsung masuk ke rekening business owner pada hari itu juga atau paling lambat keesokan harinya. Sehingga, business owner bisa langsung melakukan perputaran uang, tanpa perlu menyetor ke toko lalu ke bank terlebih dahulu.
  3. Manfaatnya bagi Customer : Dengan adanya Cashless Society, Customer bisa mendapatkan cashback, atau point yang bisa ditukar dengan produk atau jasa. Dimana hal ini disediakan oleh mobile developer dan tidak akan merugikan penjual produk atau jasa tersebut. Selain itu, ini akan memudahkan customer karena tidak perlu lagi membawa uang cash dan masih banyak kemudahan yang didapatkan customer.

Pentingnya Edukasi Pada Masyarakat

Perlu lebih banyak edukasi kepada masyarakat dan banyak perusahaan konvensional tentang cashless society. Mungkin akan sangat sulit diawal, karena mereka sudah melakukan metode itu selama bertahun-tahun. Sehingga ketika diminta untuk melakukan suatu perubahan, mereka akan berpikir 2 kali.

Secara garis besar, masih banyak di daerah-daerah yang ada di Indonesia yang belum tersentuh daerah perbankan. Sehingga edukasi kepada masyarakat tentang cashless society dapat menjadi poin yang utama.

Baik merchant maupun customer, masing-masing mendapat keuntungan dari cashless society dan menjadi semakin mudah.

Penulis : Yehezkiel Setianto Putra
Gambar : Pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *