Semakin meningkatnya perkembangan ekonomi digital, Kominfo terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  untuk memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Pertumbuhan bisnis digital yang semakin pesat secara tidak langsung membuka kesempatan bagi UMKM untuk lebih produktif bertransaksi jual beli dengan memanfaatkan teknologi digital.

Jika semua UMKM beralih ke ranah digital, maka dapat menciptakan multiplier effect dan kemungkinan besar akan mengangkat ekonomi digital Indonesia.

Jadi, itulah alasan mengapa kominfo terus mendorong UMKM memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Catatan kementrian koperasi dan ukm mengatakan bahwa pada tahun 2017 sebanyak 3,79 juta UMKM di Tanah Air telah memanfaatkan sistem online dalam memasarkan produknya.

Bagaimana Caranya ?

Pada tahun 2018, Kementerian Kominfo bersama tujuh kementerian lain dan enam marketplace terbesar di Indonesia menginisiasi UMKM Go Online.

Dan pada kesempatan itu, ada 4 tahapan yang perlu dilakukan, diantaranya adalah :

  1. OnBoarding atau mendorong pelaku UMKM offline menjadi online.
  2. Active Selling atau pendampingan kepada para UMKM yang sudah Go Online untuk meningkatkan transaksi online.
  3. Scale Up Business atau membantu  pelaku UMKM untuk meningkatkan skala bisnisnya.
  4. Go International atau gerakan mendorong pelaku UMKM meningkatkan jangkauan pasar menjadi internasional.

Apa Tujuannya?

Upaya pemerintah itu ditujukan agar dapat mendorong minat pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing dan mengembangkan usaha melalui platform online selaras dengan visi Indonesia sebagai Digital Energy of Asia.

Mengapa Cara Ini Ampuh ?

Terobosan yang dilakukan pemerintah dapat menjadi cara yang ampuh karena seiring dengan perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang, bisnis akan lebih mudah terintegrasi dan lebih cepat untuk maju.

Akan tetapi, masih banyak pelaku usaha yang masih belum siap untuk beradaptasi dengan teknologi.

Nah, dengan dilakukannya pembelajaran dengan tahapan-tahapan yang disebutkan tadi, dapat dijadikan sebagai sebuah peluang bagi para pelaku usaha yang ingin memajukan usahanya.

Dengan berkembangnya teknologi setiap tahunnya, dipastikan akan ada terobosan-terobosan yang baru kedepannya.

Sebagai contoh, di tahun 2019 ini, ada sebuah terobosan yang mengedepankan Learning in real time, yaitu kebiasaan untuk belajar secara online di mana saja dan kapan saja.

Kegiatan ini sudah banyak dihadirkan oleh startup yang menyasar education technology (edtech). Diprediksi pada tahun 2019 belajar secara informal memanfaatkan platform tertentu secara online akan lebih masif lagi pilihannya.

Itu baru saja ada di satu bidang, yaitu pendidikan. Kedepannya akan ada terobosan yang lebih jauh di bidang-bidang lain.

Kuncinya adalah kemauan untuk adaptasi di era digital seperti sekarang.

Penulis : Yehezkiel Setianto Putra
Foto : Pixabay.com