Dalam menjalankan strategi digital marketing atau pemasaran digital, kunci kesuksesan dari itu semua adalah dengan mengikuti dan memahami tren yang muncul setiap tahun.

Akan tetapi, tren di era digital seperti sekarang cenderung cepat berubah dan berputar dengan cepat. Jadi, penting untuk membuat strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan tren yang sedang berlangsung.

Membangun pengalaman konsumen yang hebat merupakan salah satu tugas marketer. Nah, salah satu cara yang paling efisien untuk melakukan kegiatan ini adalah dengan media sosial.

Akan tetapi, dengan platform baru, kebiasaan konsumsi setiap orang menjadi berbeda, dan algoritmanya pun tidak selalu sama/berubah-ubah.

Bahkan sebuah tren pun dapat berubah dan harus diikuti oleh para marketer. Memahami pergerakan sosial media dan siap beradaptasi adalah kunci menjadi digital marketer yang sukses.

Nah, berikut ini adalah tren digital marketing yang diperkirakan akan melejit di tahun 2019 :

1.Live Video Streaming

Live video mungkin lebih lama dan populer di youtube. Tapi sekarang
live video di Facebook dan Instagram juga mulai mendapatkan popularitas dari pengguna, ini bisa menjadi kesempatan yang sempurna bagi pemasar untuk terlibat dengan audiens mereka secara real time.

Live streaming dapat langsung pengikut anda tampilan tanpa filter dan tanpa rekayasa.

Tips : Jika Anda berencana membuat Live streaming, pastikan untuk mempromosikannya terlebih dahulu. Dengan memberi tahu terlebih dahulu kepada audiens beberapa hari atau jam sebelum video langsung Anda dimulai, ini memungkinkan akan meningkatkan keterlibatan.

2. Instagram Stories

Sebuah platform manajemen media sosial Hootsuite mengatakan bahwa
 story akan terus berkinerja kuat dan tumbuh lebih jauh pada 2019.

Jadi, bagaimana caranya agar lebih efektif ?

Buat Instagram Stories Anda semenarik mungkin, karena banyak pakar digital marketer menempatkan taruhan mereka pada kenaikan yang konsisten dari montase video vertikal (seperti Instagram Stories, Facebook Stories.)

Tips :  Saat membuat Instagram Stories, rekam video pada aplikasi, dan unduh kembali ke perangkat Anda. Setelah semua rekaman yang Anda inginkan direkam, Anda dapat kembali dan meninjau setiap video sebelum memposting. Ini akan memungkinkan Anda untuk memeriksa kualitas rekaman Anda dan mengunggah semua video Anda bersama-sama sehingga Anda tidak membingungkan pengikut Anda dengan kisah video yang tidak berjalan dengan baik.

Berikan konteks pada Instagram Stories Anda dengan slide pembukaan dan penutupan untuk video rekaman Anda.

3. Aplikasi Messenger

Aplikasi messenger adalah alat yang cepat jika anda dan pelanggan anda ingin melakukan komunikasi.

Tips : Kumpulkan sebanyak mungkin kontak dari pelanggan Anda dan gunakan itu untuk membuat group chat agar mereka selalu mendapatkan informasi terbaru dari produk Anda secara langsung melalui aplikasi chat mereka dan juga sebagai jalan agar lebih dekat dengan mereka.

4. Menggunakan Email Marketing

Email marketing adalah suatu terobosan yang penting bagi para pebisnis online untuk memanfaatkan database yang ada. Sering sekali perusahaan memiliki database seperti email, no hp dan lainnya dari pelanggan mereka tapi tidak dapat memanfaatkannya.

Tips : Dalam melakukan email marketing, anda bisa menentukan audiens anda kemudian pisahkan list email Anda menjadi segmen yang ditargetkan sehingga Anda dapat mengirimkan konten ke audiens yang lebih spesifik.

5. Video Marketing

Akhir-akhir ini, banyak orang merasa bosan dengan strategi marketing yang kuno. Kebanyakan orang di sosial media lebih suka menonton video.

Nah, video marketing bisa menjadi pilihan anda untuk melakukan promosi.

Tips : Dalam membuat video marketing, anda dapat lebih menonjolkan pesan dari suatu video, dan tidak harus selalu tentang berjualan. Dan buatlah 5 detik pertama dari video begitu mengesankan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk melakukan promosi dengan video.