Untuk meningkatkan ekonomi digital di Indonesia, dibutuhkan kreativitas dari berbagai pihak. Khususnya kreativitas dari anak muda.Untuk itu, diperlukan anak muda  yang berkualitas untuk mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kominfo membuka program pendidikan tanpa gelar bertajuk ‘Digital Talent Scholarship’ atau beasiswa pelatihan intensif untuk memajukan generasi kedepannya.

Program yang diadakan oleh kominfo ini bekerja sama dengan lima universitas negeri di Indonesia selaku tuan rumah dan penyedia tenaga pengajar.

Kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Indonesia dalam bentuk pelatihan bidang Cybersecurity dan Cloud Computing. Sementara di Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk bidang Big Data dan Artificial Intelligence. Adapun di Universitas Padjajaran untuk pelatihan Digital Business.

Rencananya, program ini akan dikembangkan untuk menjangkau 20.000 orang di tahun 2019.

Mengapa Menarik?

Program ‘Digital Talent Scholarship’ ini dapat menjadi sebuah awal yang baik demi masa depan ekonomi digital Indonesia.Mengapa? Hal ini disebabkan karena banyak anak muda yang memiliki minat terhadap teknologi namun tidak mendapat fasilitas yang memadai dari pemerintah.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menjadi sebuah kesempatan bagi anak muda yang ingin belajar dan dapat meningkatkan ekonomi digital di Indonesia

Penulis : Yehezkiel Setianto Putra

Referensi : Kominfo